BANNER

Sunday 4 June 2017

5 PENYEBAB BANJIR DI JAKARTA



Banjir merupakan Bencana alam ulah manusia, Banjir sebenarnya dapat ditanggulani oleh manusia sendiri. Menyambung post gue yang sebelumnya Foto-Foto Banjir di Jakarta , akan memberi tau hal-hal apa saja yang menyebabkan banjir di Ibu Kota kita.

Berikut Penyebab banjir di Jakarta versi Leasap:


1.Curah Hujan Yang tinggi



curah hijan tinggi yang terus menerus ini membuat air ada di permukaan daratan membuat genangan-genangan  dan air melebihi kapasitas daya serap tanah .kita tahu jakarta itu jarang ada pohonkan .

2.Banyak Sampah dibuang di Sungai/Kali



   sudah bukan rahasia umum lagi kalo jakarta itu selain kaya penduduknya juga kaya akan jumlah sampah nya . kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya dan mengolah sampah sampai saat ini masih terhitung jarang . terkadang masyarakat sering sekali membuang sampah di sepanjang aliran sungai-sungai jakarta hal ini membuat air yang mengalir dihambat oleh tumpukan sampah-sampah

3.Kesalahan pada Drainase atau Daerah resapan air



kita tahu bahwa drainase yang terawat dan daerah resapan air seperti lahan hijau atau pembuatan biopori di lingkungan kita itu penting untuk membantu tanah untuk menyerap air ke dalam tanah sebanyak-banyaknya . tapi nyatanya aksi nyata ini masih jarang di perdulikan . belum lagi daerah resapan yang banyak di tutup olehgedung-gedung dan beton beton  hal ini membuat air yang berada di perkotaan/jalan raya tak dapat meresap ke tanah

4.Banyak penggalian tanah 



contohnya adalah pembuatan basement, basement kontruksi yang sangat di perlukan untuk sebuah gedung  hal ini tidak bisa di hindari . mungkin pemerintah harusnya bisa mengontrol jumlah gedung-gedung di jakarta untuk mengurangi  penyebab banjir ini . hal ini membuat permukaan Jakarta menjadi cekung kebawah dan permukaan air lain lebih tinggi dari permukaan Jakarta.

5.Banjir kiriman dari Bogor



Bogor,kota dengan dataran tinggi tersebut setiap kali hujan deras yang merasakan dampak dari curah hujan tersebut adalah Jakarta karena Jakarta merupakan dataran rendah dekat bogor dan lebih rendah dari dataran rendah lainnya disekitaran Bogor.

berikut adalah Penyebab Banjir di Jakarta versi YK, sesungguhnya banjir itu dapat di cegah  dengan penanaman pohon atau membuat lawan terbuka hijau , mengontrol jumlah gedung di kota , dan  dukungan masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai lagi tetapi saja yang malas untuk melakukanya. ayo bangun kesadaran masyarakat kita untuk mencegah hal tersebut .

sumber: leasap.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment