BANNER

Friday 2 June 2017

10 TIPS TERHINDAR KLITIH JOGJA


       Klitih bagi teman-teman pelajar kota jogja pasti udah tidak asing lagi . klitih di sebut juga begalnya pelajar di jogja adalah tindakan kriminal yang biasanya di lakukan oleh beberapa pelajar SMP/SMA/SMK (khusus pelajar laki-laki) dengan cara membegal siswa dari sekolah lain  terutama siswa dari sekolah musuh untuk dihajar ,disiksa ,dirampas kendaraannya bahkan di bunuh ngeri juga kan gan. hal ini termasuk momok bagi remaja yang marak di kota . Miris ya katanya kota pelajar kok gini tenang aja kawan gak semua pelajar bermental klitih kok masih banyak kok pelajar berprestasi di kota ini . klitih termasuk kenakalan remaja yang harus di arahkan ke arah lebih baik masih banyak kok kegiatan-kegiatan positif lainya dan jangan pernah ragu untuk membasmi ini dengan melaporkan ke pihak berwajib. berikut tips dan trik agar terhindar klitih dari ane

1. JANGAN GUNAKAN ATRIBUT SEKOLAH  KETIKA PULANG SEKOLAH 
    Ketika pulang sekolah usahakan ganti pakaian  atau  memakai jaket hal ini perlu di karenakan tukang klitih akan menargetkan pelajar sehabis pulang sekolah dengan melihat pakaian yang anda pakai dan bet sekolah anda. usahakan bet sekolah anda tertutup ya . kalo bisa setelah ganti pakaian bergaya seperti anak kuliah deh . 

2. JANGAN MENEMPEL STIKER IDENTITAS SEKOLAH DI MOTOR ANDA
     Hal ini mempermudah si tukang klitih untuk mengetahui bahwa anda adalah siswa sekolah musuh atau bukan . kalo boleh saran copot aja yang suka nempel stiker-stiker  kayak gitu.

3. JANGAN PULANG MALAM 
     klitih biasanya terjadi setelah pulang sekolah pokoknya semakin malam semakin rentan untuk di klitih .jadi yang biasanya suka les/bimbel yang pulang malem  hati hati deh . 

4. HINDARI TEMPAT YANG RAWAN KLITIH DAN SEPI 

     Tempat yang sepi membuat si tukang klitih leluas untuk menyerang sasarannya dan ada beberapa tempat rawan klitihyaitu
      a. Jembatan Janti 
      b. sekitaran  XT Square
      c. sekitaran Ringroad Utara
      d. Pasar Telo
      e. Wirobrajan
      f. Tamsis
      g. Jalan Paris
      h. Godean
      i. Jalan Pramuka
      j. Berbah
      k. Jalan Wonosari
      l. Jalan Magelang
      m. Stadion Maguwoharjo
      n. Stadion mandala Krida

5. GUNAKAN PAKAIAN YANG RAMAH 

      Maksudnya gunakan pakaian yang tidak nyentrik atau berpakaian seperti anak berandal (gento/gali) ingat tukang klitih itu biasanya memiliki keberanian lebih gan jadi jangan suka nantang gan apa lagi mengklitih itu gak sendirian biasanya segerombolan . jadi saran jika di klitih segera kabur dan mencari tempat aman atau meminta tolong ke warga sekitar ya.

6. JANGAN MENJADI ANGGOTA GENG SEKOLAH
    
   hal ini beralasan di karenakan jika kita sering tampil dengan membawa nama geng sekolah otomatis anda mudah di kenali dan menjadi bahan /sasaran  untuk mereka. ingat masih banyak kok komunitas-komunitas yang lebih bermanfaat .ingat orang tua yang kita sayang di rumah menunggu .

7. JANGAN GUNAKAN KNALPOT BISING
     
   Tau gak kalo knalpot bising itu bikin beberapa orang tersinggung kan . apalagi ada beberapa orang yang suka menggeber motornya .

8. JAGA KESOPANAN DAN JANGAN SOK-SOK AN

      Kita tau kalo kota jogja itu berhati nyamankan . jadi kalo anda berperilaku buruk  pasti anda akan di pisuhi (dihina) dan kadang tukang klitih gampang tersinggung.

9. JIKA ANDA DI JALAN ADA YANG MENANYAKAN ASAL SEKOLAH JAWAB DENGAN SOPAN DAN  BILANG ANAK KULIAH MAS.
   
     biasanya tukang klitih akan menanyai asal sekolah anda . tapi anda harus tetap tenang dan menjawab . jika anda seorang pelajar saya sarankan sedikit berbohong demi keselamatan anda dengan menjawab ''anak kuliah mas '' atau anak pondok kek tapi yang jelas nama pondoknya .

10.MENGGUNAKAN  KENDARAAN UMUM ATAU DI JEMPUT JIKA PULANG SEKOLAH

    tukang klitih gak berani menyerang korbannya jika anda di keramaian dan  mereka tidak akan menyerang orang yang menaiki kendaraan umum ,sepeda, membonceng seorang wanita(pacar/ ibu)  dan orang yang di gonceng ortu atau orang dewasa seperti pakde bahkan pakpol wkwkwk.

itulah tips-tips terhindar dari klitih versi YK semoga bermanfaat semoga kita terhindar dari klitih amin. jika anda di klitih segera minta pertolongan warga sekitar dan segera hubungi pihak berwajib guna mencegah bertambahnya korban . sekian terima kasih . nantikan update pos selanjutnya.



0 comments:

Post a Comment